CUCUPIN.ID

Sabtu, 30 Oktober 2021

Nama Tim : CUCUPIN.ID
Anggota : Yowanda Frisky Amada

Industri makanan dan minuman menjadi salah satu sektor manufaktur andalan dalam memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Capaian kinerjanya selama ini tercatat konsisten terus positif, mulai dari perannya terhadap peningkatan produktivitas, investasi, ekspor hingga penyerapan tenaga kerja. Potensi daripada industri makanan maupun minuman di Indonesia sangat berpotensi karena tingkat supply dan usernya yang tinggi. Dan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan ialah food innovation dan security.

Karena kemudahan bahan yang mudah didapat untuk membuat sebuah olahan produk minuman berupa susu seperti susu dengan varian rasa, kopi susu, dan inovasi variasi layer serta toping yang dapat menarik perhatian dan rasa haus para customer, produk olahan ini dirasa mampu untuk bersaing karena banyaknya per mintaan para customer. Untuk produk olahan makanan ringan yang disajikan oleh CUCUPIN berupa makanan-makanan ringan seperti toast, tacos, serta produk olahan krupuk mentah seperti makaroni dan krupuk seblak dengan varian rasa.

Tujuan mulia daripada CUCUPIN ialah mengembangkan industry dibidang food and baverage, namun disisi lain, CUCUPIN juga ingin membantu para pemilik UMKM dengan konsep sharing economy. B2B2C juga merupakan salah satu konsep yang dibawa oleh CUCUPIN untuk menarik pelanggan. Tidak hanya penjualan secara langsung yang dilakukan namun CUCUPIN juga membuka peluang bagi para pelaku UMKM atau siapapun yang ingin bermitra agar dapat ikut mendapat keuntungan. Produk yang disediakan CUCUPIN meliputi produk makanan dan minuman. CUCUPIN menghadirkan produk minuman dengan berbagai macam varian rasa dan kemasan. CUCUPIN menghadirkan minuman dengan berbagai rasa dan toping yang dikemas melalui dua jenis kemasan yaitu kemasan botol dan kemasan cup gelas. Makanan yang disediakan CUCUPIN juga tidak kalah dipasaran karena terdapat perpaduan konsep makanan jepang, korea, dan meksiko seperti tteotoboki, takoyaki, tacos, macaroni goreng dengan varian rasa, Korean spicy chicken, dan mylor. Tidak kalah CUCUPIN juga menghadirkan lebih dari 30 varian jenis kerupuk khas Indonesia yang dikemas dengan tampilan yang cantik dan menarik.

Penjualan CUCUPIN akan dilakukan menggunakan konsep penjualan open PO bagi pemesan khusus,, ready order untuk pemesanan secara offline, toko online seperti menjadi mitra shoopee, melalui mitra grabfood dan gofood, serta penjualan melalui media social Instagram dan facebook. 2 CUCUPIN juga akan melakukan konsep pemasaran dengan konsep dasar mouth to mouth, media social seperti campaign, konten, kolaborasi dengan brand brang lain, website dan ads. Tidak lupa CUCUPIN juga sering melakukan kolaborasi promo menarik pada grabfood dan gofood untuk menarik pelanggan.

Berawal dari Kesamaan Hobby
CUCUPIN.ID berawal dari sebuah angan dan ide untuk berubah. CUCUPIN.ID mulai terfikirkan saat bulan januari 2021 ketika saya dan partner saya sedang duduk disebuah café. Karena kita telah lebih dari satu tahun sering melakukan aktifitas Bersama akhirnya kami mencoba untuk membuka sebuah peluan usaha yang mana makanan tersebut masih jarang didaerah sekitar kami. Namun karena kendala biaya dan kurangnya riset, maka niat tersebut masih terhenti dan mulai terintis tepat pada bulan Mei yang setelahnya CUCUPIN.ID dirilis oleh teman-teman kuliah yang sama-sama memiliki hobby dibidang kuliner. Akhirnya CUCUPIN.ID pun dibangun. Karena dalam radius 5 kilometer dari lokasi usaha masih belum terdapat makanan serupa maka dilakukan sebuah riset dan testing kepada 10 orang pertama dan berakhir dengan 8 diantaranya menyatakan bahwa produk kami memiliki nilai usaha dan daya saing. Awalnya CUCUPIN.ID hanya menjual macaroni dan minuman kemasan botol. Namun seiring berjalannya waktu, karena adanya channel dan peluang untuk mengembangkan peluang usaha dengan cara memperbanyak jenis produk maka CUCUPIN.ID. Setelah 3 bulan berjalan tepatnya bulan agustus, CUCUPIN.ID resmi membuka tokonya melalui GRAB dan GOJEK. Selain itu, Produksi macaroni untuk dikirim kepada stakeholder juga telah rutin dilakukan. CUCUPIN.ID hadir karena adanya peluang disekitar dan selalu berfokus untuk berinovasi dan menciptakan produk baru. Oleh karena itu, CUCUPIN.ID diyakini akan dapat terus berkembang dan menyediakan produk – produk favorit masyarakat.

Berdiri karena kegigihan dan kesabaran
Dalam memulai usahanya, CUCUPIN.ID tidak hanya melakukan riset terkait makanan kesukaan pelanggan, namun CUCUPIN.ID juga melakukan riset untuk menyediakan produk-produk dengan kualitas yang dapat dinikmati masyarakat Setiap produknya diperlukan sebuah riset untuk mendapatkan kombinasi rasa yang pas dan cocok pada setiap konsumen. Hal tersebut dilakukan dengan membuat produk dengan berbagai perbandingan ingredient yang mana akan dites kepada konsumen. CUCUPIN.ID juga selalu menerima setiap masukan yang diberikan oleh konsumen hingga saat dimana berkurangnya komentar buruk dan pelanggan mulai menikmati produk CUCUPIN.ID. Selanjutnya CUCUPIN.ID semakin dikenal karena bannyaknya perkembangan media promosi yang digunakan seperti media Instagram, dan website yang dapat diakses oleh para pengunjung agar dapat melihat produk-produk dari CUCUPIN.ID. Penjualan CUCUPIN.ID tidak hanya dilakukan melalui open PO, namun melalui GOFOOD, GRABFOOD, stakeholder, dan mitra yang merambah hingga ke beberapa kota seperti Sidoarjo, Gresik, dan Tulungagung. CUCUPIN.ID sempat tidak memiliki pelanggan karena kondisi pandemic beberapa waktu lalu, namun CUCUPIN.ID hadir melalui aplikasi GOFOOD dan GRABFOOD yang masih dapat mengangkat menurunnya permintaan. Karena adanya program PWMV ini juga CUCUPIN.ID dapat sangat berkembang karena CUCUPIN.ID sangat terbantukan dengan dananya sebesar Rp. 22.500.000 yang diakumulasikan untuk segala keperluan agar CUCUPIN.ID dapat berkembang dan lebih dikenal oleh masyarakat. Harapan kedepannya CUCUPIN.ID dapat memiliki stand offline agar masyarakat dapat lebih menjangkau dan tidak terpaku pada penjualan melalui GRABFOOD dan GOFOOD saja.

Brosur

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram