Ntap-Ntap

Sabtu, 30 Oktober 2021

Nama Tim : Ntap-Ntap
Anggota : Rosalinda Dwi Vicesa, Nadia Indah Fania Suhariyanti, Dimas Sul’Ulum, Zudha Pratama, Nurul Qurinin Putri Darmawan

Ntap-Ntap : Minuman kekinian berbasis kemitraan

Ntap-Ntap adalah minuman kekinian dengan bahan dasar susu, jelly, dan bubuk minuman dengan 8 Varian Rasa yaitu Thai Tea, Green Tea, Cokelat, Cappucino, Red Velvet, Taro, Kopi Susu dan Kopi Susu Gula Aren.

Ntap-Ntap di kemas dalam kemasan yang sangat menarik dan customer bisa memberi kan custom kata-kata di kemasannya apa bila ingin menyampaikan pesan. Selain itu Mitra Ntap-Ntap juga dapat mencantumkan logo usaha mereka pada kemasan agar branding dari mitra semakin kuat.

Awal Mula

Usaha ini di rintis oleh 2 mahasiswa IT PENS yaitu Dimas Sul’Ulum dan Zudha Pratama pada awal tahun 2020. Pada saat itu usaha ini terilhami setelah mereka menonton video turorial memasak yang biasa lewat di beranda youtube. Melihat kondisi kota Surabaya yang panas dan masih belum ada yang menjual produk minuman sejenis di kampus PENS, mereka berpikir bahwa ini adalah sebuah peluang usaha yang potensial dan minim persaingan di Kampus PENS. 

Produksi di lakukan di kos-kos an pada malam hari setelah kuliah. Hasil Produksi langsung di bawa ke kampus untuk di dinginkan di showcase yang ada di sekretariat HIMIT (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika). Lalu keesokan siangnya penjualan mulai di lakukan dengan menawarkan kepada mahasiswa yang ada di kampus. Tidak lupa sebagai langkah promosi, juga di siapkan tester sehingga calon pembeli bisa mencoba terlebih dahulu.

Sayangnya, setelah berjalan selama kurang lebih 2 minggu, akhirnya usaha ini terpaksa harus terhenti di karenakan pandemi dan kampus yang di tutup.

Peluang dan Kesempatan di Masa Pandemi

Saat masa pandemi usaha ini harus tutup dalam kurun waktu yang cukup lama. Setelah berhenti pada akhir Maret 2020, usaha ini baru di mulai kembali pada kisaran Oktober 2020 setelah Tim Ntap-Ntap mendapatkan suntikan modal sebesar Rp.15.000.000 mengikuti program Pekan Kewirausahaan Mahasiswa Vokasi (PKMV)  Pada kesempatan kali ini di karenakan kampus tidak buka maka penjualan di lakukan di 5 Kota tempat tinggal masing-masing anggota yaitu Surabaya, Tuban, Bangil, Jombang, dan Sampit. Di kesempatan kali ini Tim cukup produktif dengan penjualan yang hampir mencapai 1000 botol setap bulannya.

Lalu, pada kisaran bulan Maret 2021 Tim Ntap-Ntap kembali mencoba peruntungan untuk mengikuti kompetisi bisnis lainnya yaitu Pekan Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan dengan pembelajaran dari kompetisi sebelumnya akhirnya tim Ntap-Ntap berkesempatan untuk di danai dengan besaran Rp.6.000.000.

 Pada saat ini anggota Tim Ntap-Ntap adalah Rosalinda Dwi Vicesa dari D4 Teknik Informatika Angkatan 2020 sebagai ketua dan Nadia Indah Fania Suhariyanti, Dimas Sul’Ulum, Zudha Pratama, dan Nurul Qurinin Putri Darmawan dari D3 Teknik Informatika angkatan 2019. Pada saat ini lokasi usaha dari Ntap-Ntap di fokuskan di kota Mojokerto dan Tuban.

Serupa Tapi Tak Sama

Ntap-Ntap hingga saat ini memang masih hanya memiliki varian rasa yang cukup mainstream namun program kemitraan ini lah yang menjadi keunggulan Ntap-Ntap. Dengan Mitra dapat melakukan branding sendiri di kemasan Ntap-Ntap, diharapkan mitra dapat memiliki citra yang lebih di kenal dan lebih general tidak terpaku pada barang/jasa utama yang di tawarkan oleh mitra saja.

Inovasi dan Rencana Kedepan

Kami sangat mengharapkan agar pandemi ini segera berakhir. Dengan kondisi perkuliahan dari rumah membuat anggota tim tidak pernah bertemu satu sama lain sehingga komunikasi menjadi tantangan pada kondisi saat ini.

Apabila pandemi selesai dan pembelajaran tatap muka dilaksanakan, kami berencana untuk melakukan kerjasama kemitraan kepada seluruh organisasi mahasiswa yang ada di PENS. Harapannya kewirausahaan dari masing-masing organisasi mahasiswa akan mendapatkan kemudahan karena tidak perlu melakukan proses produksi.

Selain itu kami juga berencana untuk melebarkan sayap dengan memproduksi makanan ringan agar nantinya Ntap-Ntap dapat menjadi brand yang tidak hanya memiliki satu produk yang bisa di tawarkan namun bisa memiliki beberapa produk menarik di bidang food and beverage.

 

 

Brosur

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram