Locway

Selasa, 23 Agustus 2022

Nama Tim : Locway
Anggota : Maskurnia Shidi, Stefanus Irgy Hananto, Haifa Mandalika, Rosyiidah Hasnaa, Adhika Putri Syafrina Bukka

Awal Mula Berdiri
Locway berdiri sejak bulan Oktober 2020 bermula dari keinginan sang founder (Maskurnia Shidi 
/ D4 Teknik Informatika 2019) untuk memiliki sebuah bisnis yang dijadikan sebagai wadah untuk
belajar berbisnis, bukan untuk mencari keuntungan semata. Dalam prosesnya, founder 
melakukan beberapa Langkah untuk menentukan sebuah ide bisnis. Dan tercetuslah ide bisnis di 
bidang fashion. Founder menyadari bahwa untuk memulai bisnis, terutama bisnis fashion akan 
memerlukan modal yang tidak sedikit. Apalagi dengan persaingan yang sangat besar di pasar
dengan brand-brand lokal lainnya. Banyak brand baru dengan modal sedikit runtuh diawal 
mereka berdiri. Staretegi awal locway adalah menyasar pasar niche untuk mempermudah dalam 
marketing. Oleh karena, diawal berdiri locway hanya mesanyar pasar anak-anak Teknik
(mahasiswa, pekerja). Selain market yang niche, founder juga melihat masalah pada trend 
fashion saat ini yang memiliki tema anak-anak Teknik (mahasiswa, pekerja). Diawali dengan 
modal 1.500.000, Locway berdiri pada saat itu. Uang sebesar itu hanya dapat memproduksi 1 
model baju sejumlah 12 pcs baju dan aspek pendukung lainnya (packing, stiker, dll). Akhirnya
diawal launching, locway membuka order dengan cara preorder selama 2 minggu. Selama proses 
tersebut, tentunya muncul rasa spesimis untuk gagal sebagai brand baru. Dengan startegi bisnis 
yang tepat, akhirnya dalam preorder selama 2 minggu tersebut Locway mampu menjual baju 
sebanyak 50pcs. Momentum tersebut membuat sang founder optimis untuk menjadikan locway 
menjadi brand besar di suatu saat nanti. Dari uang yang hanya mampu untuk produksi 1 model
sejumlah 12 pcs baju. Saat ini Locway telah berhasil menjual produk 400 lebih produk dan telah 
merilis 8 model dari modal tersebut.
Kesempatan datang setelah satu tahun locway berdiri melalui program mahasiswa wirausaha 
yang diadakan oleh PENS. Lewat program ini, Locway mendapatkan pendanaan sebesar 8.000.00. 
Selain pendaan tersebut, Locway juga mendapatkan team baru diantaranya Stefanus Irgy 
Hananto (D4 Teknik Informatika 2019), Haifa Mandalika (D4 Teknik Informatika 2019), Rosyidah 
hasna (D4 Teknik Informatika 2019), dan Adhika Putri Syafrina Bukka (D4 Teknik Informatika 
2021).
Produk dan Inovasi Locway untuk Kebutuhan Pasar
Locway merupakan sebuah usaha di industri pakaian. Produk Locway merupakan salah satu 
produk lokal yang bergerak di bidang industri fashion khususnya yaitu pakaian dan produk 
lainnya yang berupa accessories, apparel dan sebagainya. Pada saat ini, produk lokal yang 
bergerak pada bidang pakaian seperti kaos dan hoodie sedang naik daun. Oleh sebab itu, Locway 
hadir sebagai produk lokal yang juga bergerak pada bidang pakaian untuk memenuhi keinginan 
dari para kaum milenial. Produk Locway memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan 
produk brand pakaian lainnya. Locway menghadirkan produk pakaian yang diberi aksen identitas 
individu seseorang, misalnya pekerjaan, status sosial, dan lainnya yang berhubungan dengan 
identisas individu. Kecenderungan seseorang ingin menunjukkan identitas mereka ke masyarakat 
umum, sebagai inspirasi dalam pengembangan produk locway. Seluruh produk Locway 
diproduksi 100% di Indonesia. Locway dapat bersaing dengan produk lainnya dengan keunggulan 
yang mana memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan competitor. selain itu desain 
yang kekinian, unik, dan juga packaging yang menarik menjadi nilai tambah produk Locway. 
Kualitas dari Locway ini juga sudah sangat baik karena menggunakan bahan berkualitas tinggi.
Saat ini, produk Locway bekerjasama dengan 1 vendor fashion di 3 kota, yakni Yogyakarta. 
Dengan adanya Kerjasama ini, pergerakan ekonomi di lingkungan vendor fashion akan berjalan 
dengan baik. Selain itu, dampak perputaran uang juga akan membantu sektor lain, mulai dari 
penyedia bahan, para pengrajin, sampai ekspedisi.
Potensi Locway ke depan
Potensi locway sangat terbuka lebar kedepannya. Untuk kedepannya, Locway akan menjangkau 
pasar yang lebih luas dengan menghadirkan keunikan dan value berbeda disetiap produknya.
Dengan keterbatasan modal saat ini, tentunya juga menghambat proses scale up bisnis locway. 
Target founder saat ini dan beberapa tahun kedepan tidak muluk-muluk. Locway hanya mencoba 
untuk terus bertahan di pasar yang penuh dengan persaingan harga dan brand-brand besar yang 
sudah ada. Sembari menunggu momen yang tepat untuk menamkan modal yang lebih besar dan 
menscale up bisnis Locway untuk menjadi brand besar di Indonesia

Brosur

Kunjungi Sosial Media Kami

Instagram