Nama Tim | : | Locway |
Anggota | : | Maskurnia Shidi, Stefanus Irgy Hananto, Haifa Mandalika, Rosyiidah Hasnaa, Adhika Putri Syafrina Bukka |
Awal Mula Berdiri
Locway berdiri sejak bulan Oktober 2020 bermula dari keinginan sang founder (Maskurnia Shidi
/ D4 Teknik Informatika 2019) untuk memiliki sebuah bisnis yang dijadikan sebagai wadah untuk
belajar berbisnis, bukan untuk mencari keuntungan semata. Dalam prosesnya, founder
melakukan beberapa Langkah untuk menentukan sebuah ide bisnis. Dan tercetuslah ide bisnis di
bidang fashion. Founder menyadari bahwa untuk memulai bisnis, terutama bisnis fashion akan
memerlukan modal yang tidak sedikit. Apalagi dengan persaingan yang sangat besar di pasar
dengan brand-brand lokal lainnya. Banyak brand baru dengan modal sedikit runtuh diawal
mereka berdiri. Staretegi awal locway adalah menyasar pasar niche untuk mempermudah dalam
marketing. Oleh karena, diawal berdiri locway hanya mesanyar pasar anak-anak Teknik
(mahasiswa, pekerja). Selain market yang niche, founder juga melihat masalah pada trend
fashion saat ini yang memiliki tema anak-anak Teknik (mahasiswa, pekerja). Diawali dengan
modal 1.500.000, Locway berdiri pada saat itu. Uang sebesar itu hanya dapat memproduksi 1
model baju sejumlah 12 pcs baju dan aspek pendukung lainnya (packing, stiker, dll). Akhirnya
diawal launching, locway membuka order dengan cara preorder selama 2 minggu. Selama proses
tersebut, tentunya muncul rasa spesimis untuk gagal sebagai brand baru. Dengan startegi bisnis
yang tepat, akhirnya dalam preorder selama 2 minggu tersebut Locway mampu menjual baju
sebanyak 50pcs. Momentum tersebut membuat sang founder optimis untuk menjadikan locway
menjadi brand besar di suatu saat nanti. Dari uang yang hanya mampu untuk produksi 1 model
sejumlah 12 pcs baju. Saat ini Locway telah berhasil menjual produk 400 lebih produk dan telah
merilis 8 model dari modal tersebut.
Kesempatan datang setelah satu tahun locway berdiri melalui program mahasiswa wirausaha
yang diadakan oleh PENS. Lewat program ini, Locway mendapatkan pendanaan sebesar 8.000.00.
Selain pendaan tersebut, Locway juga mendapatkan team baru diantaranya Stefanus Irgy
Hananto (D4 Teknik Informatika 2019), Haifa Mandalika (D4 Teknik Informatika 2019), Rosyidah
hasna (D4 Teknik Informatika 2019), dan Adhika Putri Syafrina Bukka (D4 Teknik Informatika
2021).
Produk dan Inovasi Locway untuk Kebutuhan Pasar
Locway merupakan sebuah usaha di industri pakaian. Produk Locway merupakan salah satu
produk lokal yang bergerak di bidang industri fashion khususnya yaitu pakaian dan produk
lainnya yang berupa accessories, apparel dan sebagainya. Pada saat ini, produk lokal yang
bergerak pada bidang pakaian seperti kaos dan hoodie sedang naik daun. Oleh sebab itu, Locway
hadir sebagai produk lokal yang juga bergerak pada bidang pakaian untuk memenuhi keinginan
dari para kaum milenial. Produk Locway memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan
produk brand pakaian lainnya. Locway menghadirkan produk pakaian yang diberi aksen identitas
individu seseorang, misalnya pekerjaan, status sosial, dan lainnya yang berhubungan dengan
identisas individu. Kecenderungan seseorang ingin menunjukkan identitas mereka ke masyarakat
umum, sebagai inspirasi dalam pengembangan produk locway. Seluruh produk Locway
diproduksi 100% di Indonesia. Locway dapat bersaing dengan produk lainnya dengan keunggulan
yang mana memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan competitor. selain itu desain
yang kekinian, unik, dan juga packaging yang menarik menjadi nilai tambah produk Locway.
Kualitas dari Locway ini juga sudah sangat baik karena menggunakan bahan berkualitas tinggi.
Saat ini, produk Locway bekerjasama dengan 1 vendor fashion di 3 kota, yakni Yogyakarta.
Dengan adanya Kerjasama ini, pergerakan ekonomi di lingkungan vendor fashion akan berjalan
dengan baik. Selain itu, dampak perputaran uang juga akan membantu sektor lain, mulai dari
penyedia bahan, para pengrajin, sampai ekspedisi.
Potensi Locway ke depan
Potensi locway sangat terbuka lebar kedepannya. Untuk kedepannya, Locway akan menjangkau
pasar yang lebih luas dengan menghadirkan keunikan dan value berbeda disetiap produknya.
Dengan keterbatasan modal saat ini, tentunya juga menghambat proses scale up bisnis locway.
Target founder saat ini dan beberapa tahun kedepan tidak muluk-muluk. Locway hanya mencoba
untuk terus bertahan di pasar yang penuh dengan persaingan harga dan brand-brand besar yang
sudah ada. Sembari menunggu momen yang tepat untuk menamkan modal yang lebih besar dan
menscale up bisnis Locway untuk menjadi brand besar di Indonesia